Selasa, 23 Agustus 2011

Pemberontak Telah Kuasai 95 Persen Tripoli

Diplomat ulung pemberontak Libya Mahmud Nacua di London mengatakan peperangan terus pecah di Tripoli. Namun kekuatan oposisi telah berhasil menguasai 95 persen Kota Tripoli.

"Masih ada beberapa kantong-kantong di kota itu, masih memberikan dukungan pada Moammar Gadhafi," ujarnya seperti dikutip dari AP.

Dia mengatakan juga bahwa hingga kini pasukan pemberontak belum menemukan Gadhafi.

"Para pejuang akan terus mencarinya di setiap batu, rumah untuk menemukannya, menangkapnya, dan untuk menggelandang dia di pengadilan," demikian ditegaskannya.

Di tempat lain Menteri Luar Negeri Italia Franco Frattini mengatakan tidak lebih dari 10, 15 persen kota masih di tangan rezim.

Dilaporkan bahwa hingga kini perang masih terus pecah, tank-tank milik Gaddafi menembaki pemberontak yang berusaha menyerbu kompleks utama Moammar Gadhafi di Tripoli Senin (22/8/2011).

Sementara itu, masyarakat internasional menyerukan pemimpin Gaddafi untuk mundur.

Di Tripoli seorang penduduk bernama Moammar al-Warfali, yang rumah bersebelahan dengan kompleks istana Gaddafi mengatakan tampaknya hanya beberapa tank milik pasukan Gadhafi tersisa yang belum melarikan diri atau menyerah.

"Ketika saya menaiki tangga dan melihatnya dari atap, saya tidak melihat apapun di Bab al-Aziziya, "katanya. Dia menambahkan NATO telah menghancurkan semuanya dan tidak ada yang tersisa.

Disebutkan Para Rixos masih tetap berada di bawah kendali pasukan Gadhafi, dengan dua truk sarat dengan senjata anti-pesawat mesin dan pejuang pro-rezim dan penembak jitu bersembunyi di balik pohon.

Lebih lanjut, Pemberontak dan penduduk Tripoli melakukan pengamanan ketat di pos-pos pemeriksaan.






Penulis: Srihandriatmo Malau  |  Editor: Johnson Simanjuntak
http://www.tribunnews.com/2011/08/22/pemberontak-telah-kuasai-95-persen-tripoli

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money