Kamis, 13 Oktober 2011

Musim Haji Tawarkan Pekerjaan Dadakan

Musim haji tak hanya dinantikan oleh umat Islam untuk bertamu ke rumah Allah, musim ini juga ditunggu-tunggu oleh masyarakat setempat untuk mengumpulkan uang dalam jumlah yang lumayan. Maklum, pada musim haji uang berputar dengan cepat.


Selama periode haji, pengusaha sektor publik dan swasta di Arab Saudi menawarkan banyak pekerjaan musiman. Bahkan, tawaran ini turut berlaku bagi mereka yang tak punya izin tinggal.

Menurut sumber yang terlibat dalam pelayanan haji, kesempatan kerja meningkat pada proyek pembangunan tempat-tempat baru di Makkah. Pekerjaan musiman di ini biasanya tersedia dalam jangka waktu satu bulan.

Kepala kantor serikat zamzam, Sulaiman Abu Ghelya, yang bertanggungjawab memdistribusikan air zamzam selama musim haji, menawarkan banyak perkerjaan untuk para pemuda. Menurutnya, para pemuda tak hanya mendapatkan uang, mereka juga memperoleh pengalaman yang akan berguna di kehidupan kelak.
Ia mengatakan, musim haji kali ini kantornya menawarkan sekitar seribu pekerjaan. “Kami memilih orang yang paling memenuhi syarat,” katanya. Bagi yang tak memiliki pendidikan tinggi tak perlu khawatir, ada pula lowongan pekerjaan bagi mereka.

Abu Ghelya meminta pemuda Saudi untuk memanfaatkan musim haji ini tak hanya mencari uang, tapi diniatkan untuk bisa melayani jamaah.

Departeman haji dan departemen pemerintahan lainnya pun menawarkan pekerjaan musiman bagi warga dan orang asing untuk melayani jamaah.

Kepala Dewan Direktur Tawafa non-Arab-Afrika, Abdul Wahid Seifuddin, mengatakan masing-masing perusahaan Tawafa menawarkan sekitar pekerjaan baru untuk 3000 orang.

Khaled Bashaddadh, seorang guru yang bekerja di Jeddah, turut mengambil keuntungan dari pekerjaan musiman ini. Selain untuk mengumpulkan uang tambahan dari mengajar, ia senang  bisa membantu jamaah. Pekerjaan dadakan itu ia mulai setelah tengah malam sampai pagi. “Setelah selesai sekitar jam 05.30, saya segera melanjutkan pekerjaan di Jeddah,” ungkapnya.

Beberapa pemuda bahkan telah menanti saat-saat pekerjaan musiman ini datang selama setahun. Ada beberapa dari mereka yang menggunakan mobil pribadi untuk menjadi supir taksi. Tak sedikit dari mereka yang menjual teh dan kopi. Mereka pun meraup banyak keuntungan selama musim haji.




Reporter: Dwi Murdaningsih
Sumber: Arabnews
http://www.jurnalhaji.com/2011/10/12/musim-haji-tawarkan-pekerjaan-dadakan/

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money