Senin, 12 Desember 2011

Serangan Pada Android Terus Meningkat

Tak diragukan lagi, penyerang akan terus berinvestasi dalam pembuatan malware Android.

Dalam laporan bertajuk ‘Motivations of Recent Android Malware’ yang merupakan studi terkait skema monetisasi di balik pertumbuhan malware yang menyasar Android, diketahui bahwa pelaku semakin mengambil keuntungan finansial dari pengguna perangkat mobile.

“Teknologi mobile meningkat drastis dan para penjahat cyber terus mengikuti perkembangan teknologi tersebut,” kata Eric Chien, Technical Director, Symantec Security Technology and Response, 12 Desember 2011.

Meningkatnya malware yang menyerang perangkat seperti ini, khususnya yang menggunakan platform Android, kata Chien, terlihat jelas. “Padahal, sepertinya ini masih merupakan permulaan, baik dalam hal kuantitas ancaman maupun kecanggihannya,” ucapnya.

Meski demikian, rasio ini cenderung meningkat di masa yang akan datang ketika smartphone semakin mendapat perhatian sebagai perangkat pembayaran, terutama dengan semakin maraknya teknologi Near Field Communication (NFC).

Symantec menyebutkan skema monetisasi malware lewat perangkat mobile yang paling marak antara lain adalah penipuan billing dari nomor premium, spyware, peracunan mesin pencari search engine poisoning, penipuan yang membuat pengguna harus membayar setiap klik (pay-per-click scam), skema pembayaran setiap kali menginstal (pay-per-install schemes), dan adware.

Selain itu, ada pula tren pencurian nomor otentikasi transaksi melalui perangkat bergerak mobile transaction numbers (mTAN).

“Namun pencurian dan penjualan informasi finansial penting – seperti kredensial perbankan; penjualan nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI) curian untuk digunakan pada telepon yang diblokir atau palsu; dan menjajakan produk keamanan perangkat bergerak palsu merupakan taktik yang telah sangat sukses di dunia PC,” kata Chien.

Yang pasti, kata Chien, penyerang tidak diragukan lagi akan terus berinvestasi dalam pembuatan malware Android seiring dengan meningkatnya skema perolehan keuntungan finansial.

• VIVAnews
http://teknologi.vivanews.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money