Kamis, 05 Januari 2012

Tanpa Paspor, Warga Kanada Gunakan Ipad Lewat Perbatasan AS

Seorang pria asal Kanada berhasil melintas perbatasan ke Amerika Serikat hanya dengan menggunakan salinan dokumen perjalanan paspor yang tersimpan di iPadnya.

Saat bepergian dari Kanada menuju AS melalui perjalanan darat, Martin Reisch, dari Montreal, tidak membawa buku paspornya, namun ia diperbolehkan petugas perbatasan untuk memasuki pesawat, setelah menunjukan salinan dokumen perjanalanannya yang terekam di dalam alat digital itu.

"Petugas membawa iPad ke kantor kecil di perbatasan. Ia berada di sana sekitar tiga sampai enam menit. Rasanya lama sekali waktu itu. Saat ia kembali, ia sempat tidak bilang apa-apa sebelum memberi selamat Natal," ujar Martin kepada kantor berita Associated Press, yang dikutip dari BBC, Rabu (4/1/2012).

Setelah berhasil melintasi perbatasan dengan cara yang mudah, Martin mengatakan dirinya akan mencoba kembali melintasi perbatasan antara Kanada dan Amerika dengan cara yang sama. "Saya pikir saya akan mencoba lagi," kata Martin.

Kendati demikian ia berharap identifikasi lewat alat digital akan dilakukan di perbatasan pada suatu saat nanti. "Saya harap di masa depan kita dapat melintas batas dengan identitas digital," tuturnya.

Sejak 2009, warga Kanada tidak boleh lagi hanya membawa SIM sebagai bentuk identifikasi untuk lintas batas lewat darat.Warga Kanada hanya dapat masuk Amerika Serikat dengan menggunakan paspor dan SIM khusus, menurut imigrasi Kanada.

Terkait kasus ini, belum ada komentar resmi dari pihak imigrasi kedua negara


 http://www.tribunnews.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money