Senin, 19 September 2011

Jaguar C-X16 Tantang Kehebatan Porsce

Sebuah kendaraan yang diprediksi akan menyaingi dan menantang kendaraan untuk kelas Sportscar kategori Small Coupe makin memanas. Sebelumnya untuk kategori ini masih dijawarai oleh pemain asal Jerman, Porsche Cayman atau Audi TT.


Namun kali ini produsen asal Inggris, Jaguar tak mau kalah dengan menampilkan mobil konsep C-X16 yang disiapkan menggempur kelas tersebut.

Seperti dilansir sebuah situs otomotif ternama, C-X16 akan menjadi pembicaraan yang sangat hangat saat mengikuti ajang paling bergensi yang digelar di Frankfrut, yakni ajang Frankfurt Motor Show 2011, yang telah dimulai 13 September lalu.

Dari penampilan fisiknya, perwajahan dari C-X16 diakui paling agresif dan terbilang garang, akan tetapi jika dilihat dari posisi di bawah kap mobilnya sejumlah Headlamp, gril hingga kisi-kisi udara pada bumper yang menunjukkan kesan garang, namun mewah khas sportscar Inggris mulai menyeruak.

Kesan gagah dipertegas dengan bentuk bodi belakang yang berotot, serta siluet coupe yang aerodinamis.

Jaguar mengklaim, C-X16 merupakan mobil dua pintu terkecil mereka sejak kemunculan XK120 pada tahun 1954 silam. Mobil konsep ini berdasar sasis aluminium XK versi pendek. Untuk ukuran sendiri, C-X16 berdimensi panjang 4.445 mm, lebar 2.048 mm dan tinggi 1.297 mm. Sedangkan wheelbase berukuran 2.622 mm.

Tak ingin kedodoran di tampang, Jaguar menyiapkan sistem hybrid sebagai sumber penggeraknya. Sistem ini memadukan mesin bensin V6 3.0-liter supercharged berdaya 380 dk dan motor elektrik berenergi baterai yang dapat menyalurkan tenaga sampai 95 dk.

Kedua sumber penggerak tersebut terintegrasi melalui sistem transmisi otomatis delapan percepatan, yang menyalurkan tenaga ke roda belakang, layaknya mobil sport non hybrid.

Asiknya lagi, teknologi Formula 1, Kinetic Energy Recovery System (KERS) juga terpasang pada C-X16 untuk menambah daya saat berakselerasi.

Dengan kemapuan tersebut, Jaguar menyatakan jika mobil berbobot 1.600 kg ini mampu dikebut dari 0 sampai 100 km/jam dalam 4,4 detik saja. Sedangkan untuk meraih kecepatan 80 sampai 120 km/jam cukup 2,1 detik. C-X16 juga diklaim memiliki top speed mencapai 299.

Penulis: Iman Suryanto  |  Editor: Dewi Agustina
http://www.tribunnews.com/2011/09/14/jaguar-c-x16-tantang-kehebatan-porsce

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money