Rabu, 22 Februari 2012

Mazda Siap Luncurkan CX-5 dengan Pengereman Otomatis

Selain meluncurkan sport car Mazda RX-8 Spirit R, Mazda Motor Indonesia (MMI) tahun ini masih akan meluncurkan sekitar dua model baru ke pasar Indonesia. Satu di antaranya adalah Mazda CX-5.

Mobil berjenis crossover yang baru saja memulai debut pemasarannya di Jepang ini untuk varian yang akan dilepas ke pasar Indonesia kabarnya akan menggunakan sistem pengereman otomatis oleh Mazda Motor Corporation (MMC), disebut dengan teknologi Smart City Braking Support (SCBS).

SCBS bekerja seperti laser windshield-mounted yang sensornya bekerja pada mobil saat berada di kecepatan 30 km/jam. Sensor langsung mendeteksi objek yang dipersepsikan sebagai halangan dari arah depan yang selanjutnya memerintahkan sistem komputer pada mesin ini untuk memperlambat laju putaran mesin ketika pengemudi tidak aktif melakukan pengereman.

Fitur SCBS bekerja menghindarkan pengemudi dari potensi tabrakan dari arah depan saat mobil melaju di kecepatan lambat. Di mobil ini, Mazda juga memasang fitur pengereman seperti anti-lock braking system (ABS) yang mencegah mobil terkunci, dan kantung udara yang langsung mengembang untuk menekan efek cedera saat terjadi tubrukan.

Teknologi SCBS pada CX-5 juga dilengkapi dengan fitur kontrol akslerasi untuk transmisi otomatik, yang sangat membantu mencegah mobil melompat tiba-tiba akibat pengemudi salah injak pedal.
Sebenarnya, SCBS juga diaplikasikanpada mobil buatan Eropa seperti Volvo yang oleh Volvo disebut dengan istilah Auto Brake System.

Presiden Direktur PT. Mazda Motor Indonesia keizo Okue di sela acara peluncuran Mazda RX-8 Spirit R di Central Park, Jakarta, Rabu (15/2) lalu memberi isyarat mobil ini memang akan dirilis di Indonesia dengan perlengkapan pengereman otomatis di atas. "Pokoknya, kehadiran Mazda CX-5 nanti akan menjadi kejutan tersendiri buat kalian semua," kata Keizo Okue.


Penulis: Choirul Arifin  |  Editor: Ade Mayasanto

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money