Senin, 05 Maret 2012

Ducati dan Harley Tarik Motor

Fenomena recall kembali terjadi. Kali ini, dua pabrikan motor besar yakni Ducati dan Harley-Davidson terpaksa harus menarik (recall) motor-motor buatannya karena memiliki cacat bawaan.

Dilansir Wall Street Journal, Senin (5/3/2012) pabrikan Italia Ducati Motor Holding SpA harus menarik model Monster 1100 Evo karena pelek yang melekat di kaki motor model tahun 2011 dan 2012 ditengarai mudah retak.

Ducati mengatakan akibat hal tersebut, 892 motor yang diproduksi dalam rentang waktu 17 Januari 2011 sampai 24 Januari 2012 harus ditarik dan diperbaiki.

Motor-motor itu adalah motor yang menggunakan rims belakang berkode DU6-RR. Sementara rims dengan kode DU6N-RR tidak kena recall.

Dalam dokumen Badan Keselamatan Jalan dan Lalu Lintas Amerika atau The National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), Ducati mengakui kalau pelek-pelek roda belakang itu rawan retak yang pada akhirnya akan membuat ban belakang menjadi gembos.

Itu tentu berbahaya bagi keselamatan dan karenanya Ducati mengatakan bahwa mereka akan mengganti pelek belakang Monster 1100 Evo model tahun 2011-2012 yang berkode DU6-RR.

Sementara itu, Harley Davidson juga diberitakan terpaksa harus merecall lebih banyak motor lagi. Pabrikan yang bermarkas di Milwaukee, Amerika Serikat itu mengatakan akan menarik model Dyna dan Softail.

Tidak tanggung-tanggung, motor yang ditarik adalah motor yang sudah mereka keluarkan bertahun-tahun lalu sampai yang baru. Untuk Dyna, Harley-Davidson akan menarik model tahun 1996 sampai 2012. Sedangkan model Softail yang ditarik adalah Softail model tahun 1999 sampai 2012.

Harley-Davidson menjelaskan bahwa penarikan ini dilakukan karena ada komponen rem aksesoris yang dipasangkan rawan bocor karena bawaan pabrik atau masalah saat instalasi.

Karena itu, motor-motor ini berpotensi untuk berkurang kemampuan mengeremnya yang pada akhirnya juga berbahaya bagi keselamatan.

( syu / ddn ) 
 http://oto.detik.com/read

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money